Tujuan dan Strategi Perusahaan


TUJUAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN
a.      Tujuan Perusahaan
Tidak lain tujuan perusahaan ini adalah memasarkan produk baru yang masih fresh dan pastinya cocok dengan lidah masyarakat. Selain itu juga bisnis ini digunakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk tetangga-tetangga saya yang menganggur dirumah saja, karena dasarnya bisnis ini berbasis keluarga dan mengutamakan keluarga dan orang terdekat.
b.      Strategi Perusahaan
Brownies kelapa muda merupakan inovasi baru dari bisnis kuliner yang sedang popular dikalangan masyarakat. Pada umumnya brownies  hanya dengan rasa-rasa original seperti pandan, moca, keju, coklat, dan pisang. Namun dalam pengembangan bisnis brownis kelapa muda ini merupakan ide yang benar-benar fresh dan baru dikalangan masyarakat. Berikut analisis perumusan strategi dalam bisnis kuliner ini.
1.      Analisis Eksternal (Lingkungan)
a.      Pesaing
Dalam bisnis kuliner makanan sudah menjadi barang tentu dimana sudah mempunyai banyak pesaing, tidak terkecuali Brownies Kelapa Muda ini. Saat ini brownies sangat digemari oleh masyarakat umum, oleh karena itu usaha bisnis brownies ini sudah banyak yang menekuninya.
Ada beberapa pesaing berat yang dihadapi dalam menjalankan bisnis ini, yaitu brownies kukus Amanda misalnya yang sudah mempunyai brand dan mempunyai daya tarik tersendiri oleh konsumen.
Namun, dengan kualitas rasa dan dengan campuran bahan yang berbeda yaitu kelapa muda bisnis ini pasti bisa mengalahkan brownies  kukus Amanda dan brownies yang sudah memiliki branding.
b.      Konsumen
Konsumen penggemar makanan ringan atau cemilan dari hari ke hari semakin meningkat. Dan sudah menjadi barang tentu bahwa konsumen pasti memerlukan selingan makanan ringan dalam setiap aktivitas sehari-harinya
Untuk target konsumen Brownies Kelapa Muda ini menargetkan untuk kalangan mahasiswa dan dewasa usia 17- 55 tahun. Namun tidak menyangkal bahwa anak usia dini juga sangat menyukai makanan yang manis dan berbau coklat seperti ini.
c.       Pemasok
Pemasok yang dibutuhkan dalam usaha ini ialah pemasok bahan baku brownies kelapa muda. Brownies kelapa muda mengambil bahan baku kelapa muda langsung dari pemasok pertama yang ada didaerah malang.
Untuk bahan dasarnya bekerja sama dengan pemasok distributor dari daerah sekitar malang.
d.      Social Politik
Factor social yang berpengaruh dalam bisnis ialah opini, sikap, nilai, dan gaya hidup yang berkembang dimasyarakat. Dalam usaha brownies ini selalu menyesuaikan bentuk, rasa, dan budaya yang berkembang dimasyarakat saat ini.
2.      Analisis Internal
a.      Pengetahuan teknologi
Semakin berkembangnya jaman semakin pula canggih teknologi yang digunakan. Dalam proses produksi bisnis brownies ini misalnya, perkembangan teknologi dapat dilihat dari mesin mesin dan peralatan yang digunakan dalam proses produksi. Seperti mixer raksasa untuk mengaduk adonan, oven listrik besar untuk pemanggangan brownies.
b.      Pengetahuan manufaktur
Pengetahuan manufaktur yang dikembangkan dalam proses ini sudah modern dan dikembangkan sesuai dengan prosedural dan terjadwal.
c.       Pengetahuan pemasaran
Pemasaran yang dilakukan dalam pengembangan bisnis brownies kelapa muda ini dilakukan melalu media social, dari mulut ke mulut, dari majalah dan koran. Selain itu juga dengan mengikuti acara bazar atau event-event tertentu untu membuat brand brownies kelapa muda ini menjadi brand dan trend dikalangan masyarakat. Selain bisnis ini juga menawarkan sisten delivery order dan pemesanan melalui sistem online keseluruh Indonesia.
d.      Pengetahuan distribusi
Proses pedistribusian produk dilakukan dengancara membuka outlet-outlet resmi dikota kota kususnya kota Malang. Dan juga bisnis brownies kelapa muda ini  juga menawarkan atau open reseller atau pembukaan outlet frenchise diseluruh kota malang. Dan pendistribusian langsung dari outlet pusat di kota malang.
e.       Pengetahuan logistic
Kemasan dan outlet dirancang semenarik dan seunik mungkin untuk menarik perhatian dan juga mengundang penasaran masyarakat.
3.      Peluang dan Ancaman
Peluang dari bisnis ini ialah brownies kelapa muda merupakan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya sehingga peluang pasarnya masih lenggang dan kesempatan untuk mencari brand dari produk ini sehingga menjadi brand pilihan nomer satu di pikiran masyarakat.selain itu juga beberapa peluang diantaranya :
a.       Tingginya daya beli masyarakat
b.      Harga BBM yang stabil
c.       Masih tingginya permintaan brownies
Ancaman dari bisnis kuliner tidak lain para pesaing bisnis lama dan pesaing baru. Seperti brownis Amanda yang sekarang sudah menjadi brand nomer satu dikalangan brownies kuliner Indonesia. Dan pendatang pendatang baru yang sudah bisa membacabahwa peluang bisnis ini menguntungkan dan besar mereka pasti segera menciptakan inovasi baru atau diferensasi produk untuk jenis brownies ini. Selain tiu ancaman yang ada ialah :
a.       Tingginya harga gula, tepung, telur, dan bahan baku pembuatan brownies
b.      Banyaknya produk pengganti
4.      Keunggulan dan kelemahan
Keunggulan dari bisnis ini ialah :
a.       Jenis brownies yang ditawarkan. Jenis brownies kelapa muda ini tidak diproduksi dengan berbagai jenis cara yaitu kukus, panggang, brownies kering. Dan selain itu rasa yang ditawarka juga beragam seperti brownies kelapa muda pandan, brownies kelapa muda pisang, brownies kelapa muda strawberi,dll
b.      Harga yang murah. Harga yang ditawrkan cukup murah dan terjangkau dikalangan masyarakat. harga mulai Rp 12000 hingga Rp30000
c.       Konsistensi dan inovasi. Brownies kelapa muda ini selalu konsisten dengan kualitas rasa dan kehigienisan pruduk yang dijual. Dan inovasi yang terus bertambah dan selalu ada yang baru dari bisnis ini kedepannya.
d.      Sistem delivery order.
e.       Memiliki sertifikasi lengkap termasuk sertifikasi halal oleh MUI
f.       Layanan purna jual yang ramah

Kelemahan dari bisnis ini ialah:
a.       Tempat kurang strategis
b.      Belum memiliki sistem manajemen dalam bisnis yang baik
c.       Permodalan yang terbatas
d.      Terbatasnya jumlah peralatan yang canggih
5.      Strategi Perusahaan
Dari ancaman dan peluang, kelemahan dan kelebihan bisnis brownies kelapa muda ini dapat menerapkan strategi :
a.       Mengoptimalkan saluran distribusi yang ada untuk meningkatkan penjualan
b.      Meningkatkan diferensiasi produk serta pelayanan kepada konsumen
c.       Pemanfaatan skim kredit untuk mengatasi permodalan
d.      Optimalisasi sistem produksi untuk meningkatkan kapasitas produk
Optimalisasi sistem keuangan untuk mengurangi biaya produksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar