Analisis Kinerja Manajemen


ANALISIS KINERJA MANAJEMEN (ANALISIS BALANCED SCORE CARD / BSC)
1.      Prespektif Keuangan
Tolak ukur kinerja keuangan menunjukkan apakah strategi implementasi dan eksekusi suatu unit usaha atau unit bisnis memberikan kontribusi terhadap perbaikan laba atau tidak. Prespektif keuangan ini memiliki tujuan jangka panjang yaitu untuk mendapatkan profitabilitas. Profitabilitas dapat dicapai dengan mengurangi biaya dan pertumbuhan pertambahan. Untuk semua ini diperlukan beberapa program dan tindakan yaitu, menghilangkan aktivitas yang dinilai tidak memberikan nilai tambah, berfokus pada pengembangan networking bisnis dan mempertahankan pelanggan yang sudah lama atau pelanggan baru. Berikut perhitungan kinerja perusahaan Brownies Kelapa Muda dinilai dari segi perhitungan laba atau rugi perusahaan.
1.      Total Modal Brownies Kelapa Muda ( setiap 1 bulan)
Total Peralatan                                       Rp 5.150.000,00    
Total bahan baku                                   Rp 1.950.000,00     
Total Perlengkapan                                Rp 133.000,00
Total Biaya overhead                             Rp 1.050.000,00
Total biaya pemasaran                           Rp 440.000,00
Pusat Penelitian dan Pengembangan     Rp 250.000,00
Biaya penyusutan mesin                        (Rp 82.000,00)
            Total Modal Brownies Kelapa Muda                      Rp 8.891.000,00
2.      Hasil produksi
sehari  dua kali produksi. Satu kali produksi menghasilkan 4 brownies kecil dan 2 brownies besar. Jadi dalam sebulan brownies kecil berhasil diproduksi sebanyak 240 kotak dan brownies besar sebanyak 120 kotak. Perkiraan kue rusak sebanyak 6 kotak brownies besar dan 7 kotak brownies kecil. Jadi selama sebulan Brownies Kelapa Muda berhasil menjual ukuran kecil sebanyak 233 kotak dan brownies ukuran besar sebanyak 116 kotak.

3.      Harga jual
harga jual
= (BB + Perlengkapan + overhead dan gaji karyawan +biaya pemasaran + pusat penelitian pengembangan)
= (Rp 1.950.000,00 + Rp 133.000,00 + Rp 1.050.000,00 + Rp 440.000,00 + Rp 250.000,00)
= Rp 3.823.000,00
= Rp 3.823.000 / 2                  = Rp 1.911.500,00
Brownies kecil
Harga pokok produksi            =          1.911.500/233 = 8.300
Laba yang diinginkan 25%     = 2.200
Harga jual Brownies kelapa muda ukuran kecil                      Rp 10.500,00/ kotak
Brownies Besar
Harga Pokok Prodksi              =          1.911.500 / 116 = 16.500
Laba yang diinginkan 25%     =  4000
Harga jual Brownies Kelapa Muda ukuran besar                   Rp 20.500,00/ kotak
4.      Total Pendapatan
Brownies Kelapa Muda Kecil             = 10.500 x 233 = 2.446.500
Brownies Kelapa Muda Besar            = 20.500 x 116 = 2.378.000
Total                           =                                  Rp 4.824.500,00
5.      Laba / Rugi Bersih
Pendapatan – modal   = 4.824.500 – 3.741.000
Laba                                                               Rp 1.083.500,00 / bulan
Karena ada brownies yang rusak karena tidak laku jual sehingga kerugian ditafsir sebesar = (6 x 20.500) + (7 x 10.500) = 123.000 + 73.500 = Rp 196.500,00
            Dari perhitungan Laba / Rugi anggaran perusahaan diperoleh informasi bahwa keuangan perusahaan cukup baik dengan tafsiran laba sebesar Rp 1.083.500,00 per bulan dan kerugian karena barang rusak yang cukup minim atau kecil yaitu sebesar Rp 196.500,00 perbulan.
            Untuk meningkatkan kemampuan keuangan perusahaan berikut beberapa cara kedepan yang dapat dilakukan perusahaan :
o   Meminimalkan struktur biaya yaitu melakukan pengeluaran biaya untuk kegiatan operasional maupun non-operasional seefektif dan seefisien mungkin. Missal menggunakan prosentase sehingga lebh objektif.
o   Mengurangi resiko keuangan dilakukan dengan menganalisa pelanggan yang memiliki pola pembayaran yang buruk.
o   Optimalisasi pendapatan dan pemodalan dilakukan dengan meningkatkan pendapatan penjualan produk dan meningkatkan jumlah aktiva operasi berdasarkan laba yang dihasilkan perusahaan.
o   Meminimalisir jumlah produk kue yang tidak laku. Atau memaksimalkan produksi untuk memaksimalkan penjualan dan konsumen pangsa psar.
2.      Prespektif Pelanggan
Kinerja perusahaan dari prespektif pelanggan diukur dengan menggunakan tolak ukur kepuasan pelanggan karena terkait dengan tujuan perusahaan yaitu memperluas pangsa pasar. Dengan memuaskan pelanggan, perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang telah ada dan meningkatkan jumlah pelanggan. Untuk menarik perhatian pelanggan kita harus menjalin hubungan baik dengan mereka sehingga mereka bisa ketergantungan dengan setiap produk yang kita buat sehingga hal itu dapat memudahkan kita untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Pada umumnya pusat perhatian pelanggan dalam produk kita yaitu harga dan kualitas atau rasa. Disini kita menawarkan harga brownies yang cukup murah dibandingkan harga pasaran yang lain selain itu bentuk dan varian rasa dari brownies kami juga unik yaitu dengan ciri khas kelapa muda. Berikut cara untuk mempertahankan pelanggan atau menarik pelanggan baru :
o   Meningkatkan citra dan kualitas serta reputasi perusahan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pengiriman tepat waktu, keramahan penjual, barang berkualitas dari bahan-bahan baku yang berkualitas juga, serta menjaga kebersihan outlet.
o   Menjaga kualitas produk. Tetap menjaga kualitas produk brownies kami dengan tidak mengubah cita rasa produk, selain itu juga dengan mengembangkan berbagai macam rasa baru dan kreasi kuelainnya yang mampu menyaingi atau menguasai pasar kuliner.
o   Harga produk yang kompetitif. Terus menjaga kestabilan harga brownies kita sekarang danjuga menawarkan diskon tertentu pada event tertentu
3.      Prespektif Internal Bisnis
Penilaian kinerja perusahaan berdasarkan prespektif internal bisnis yaitu dapat dilihat dari hubungan dengan pemasok, peningkatan kualitas pelayanan pelanggan, proses pendistribuasian produk. Di perusahaan brownies kelapa muda kami selalu menjalin komunikasi dan selalu menjalin hubungan keluarga yang baik dengan pemasok, sehingga kami tidak akan kehilangan pemasok yang setia dan negosiasi harga juga lebih dipermudah. Selain itu kita juga bisa memperluas kenalan kita dengan pemasok yang lai dengan adanya komunikasi yang baik tersebut
Untuk penigkatan pelayanan terhadap pelanggan, dioutlet kami selalu memberikan pengarahan dan ketrampilan untuk berbicara atau berkomunikasi yang baik terhadap pelanggan. Selain itu kita juga selalu memperhatikan attitude setiap penjaga outlet kami. Dan karena produksi brownies kami terpusat maka hal ini tentu menjaga kestabilan kualitas produk kami dan tentunya juga terjadi proses pendistribusian. Proses pendistribusian ini kita lakukan secara baik dan teliti. Karena dengan begitu akan membuat perputaran produk semakin cepat sehingga dapat menekan biaya yang disebabkan oleh proses pendistribusian ini.
4.      Prespektif Inovasi dan Pertumbuhan
Pengukuran kinerja perusahaan brownies kelapa muda dari prespektif inovasi dan pertumbuhan diukur dengan menggunakan tolak ukur tingkat produktivitas karyawan dan indeks kepuasan karyawan.
Secara singkat dapat dijabarkan indeks kepuasan karyawan perusahaan brownies ini cukup baik. Karena kami memberikan gaji yang cukup dan juga proses pekerjaan ini tidak dilakukan sehari penuh sehingga karyawan bisa melakukan kegiatan lain diluar kegiatan perusahaan. Kami juga memberikan makan siang selai upah pokok bulanan karyawan. Untuk tingkat produktivitas karyawan diperusahaan kami cukup baik. Karena perusahaan kami menargetkan produksi setiap harinya hanya 2 kali produksi sehingga ini sangat memudahkan karyawan kami.
Untuk meningkatkan kualitas karyawan kami, kami memberikan training sebelum bekerja di perusahaan kami yaitu memberikan pembelajaran proses pembuatan brownies dan juga bagaimana cara bersikap dan menjaga attitude yang baik didepan pelanggan.
            Sehingga jika dilihat dari keempat prespektif ini dapat disimpulkan bahwa kinerja perusahaan Brownies Kelapa Muda kami akan baik untuk jangka waktu panjang kedepan, karena semua prespektif telah diatur dan ditata dengan rapid an teliti. Namun harus tetap ditingkatkan laba dan jumlah penjualan produk dari perusahan brownies ini agar bisa berkembang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar